jurnal

Tuesday, January 9, 2024

DARI MULTIMEDIA MENUJU DKV




Perkembangan ilmu teknologi seni rupa dan desain di Indonesia sudah mulai berkembang pesat khususnya perkembangan Indutri Kreatif. Beberapa industri sangat memerlukan sumber daya manusia tidak hanya produkti dan kreatif bahkan profesional di bidang seni (desain) tidak hanya industri jasa, promosi, sandang, pangan dan papan, tetapi dunia digital juga membutuhkan dimana hampir semua sektor tersebut saat ini berbasis Digital Indutri Kreatif. Tenaga profesional lulusan Desain Komunikasi Visual (DKV) SMK Budi Mulia Pakisaji ini tidak hanya harus memiliki keahlian (skill) tapi harus memiliki soft skill dan konsep yang menunjang kompetensi tersebut.

Beralihnya menjadi Desain Komunikasi Visual (DKV) SMK Budi Mulia Pakisaji yang dulunya bernama Jurusan Multimedia menjawab tuntutan dunia industri kreatif dalam rangka mempersiapkan tenaga produktif hingga profesional dalam bidang desain dengan mengemban misi SMK Budi Mulia Pakisaji mengedepankan penguasaan aplikasi yang disesuaikan dengan standar industri. Dengan Kompetensi Keahlian unggulan DKV dengan konsentrasi Jurusan di bidang Desain Grafis, Digital Animasi, Fotografi, Videografi dan Bisnis Multimedia akan menjadi salah satu jurusan terbaik di Kabupaten Malang, Jawa Timur bahkan Nasional.

Kompetensi Keahlian Desain Komunikasi Visual ini bertujuan menghasilkan lulusan yang mempunyai pengetahuan, kreativitas, keterampilan dan sikap yang mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan komunikasi visual sesuai dengan kebutuhan dunia industri grafis dan multimedia. Dengan harapan semua lulusan dapat menjadi tenaga terampil dan produktif dan terserap di dunia industri secara menyeluruh. Jurusan ini mengarahkan peserta didik untuk dapat fokus ke dalam bidang desain komunikasi visual seperti desain grafis (periklanan), animasi, sinematografi, fotografi, dan bisnis multimedia.

Peserta didik akan diajarkan dengan teknologi uptodate berbasis digital dengan pengembangan konsep yang kreatif, sehingga lulusan tidak hanya dapat bekerja di industri, namun juga bisa menjadi creativepreneur dan technopreneur yang handal.

Ada banyak kegiatan selain kegiatan dalam dalam jurusan DKV SMK Budi Mulia Pakisaji, seperti: Kompetisi Desain, Fotografi, Pameran Desain, Workshop, Guru Tamu, Kunjungan industry, Kolaborasi Komunitas dan acara kreatif seperti penggabungan Seni, Desain, Audio dan Video.

No comments:

Post a Comment

KABAR PENA

DARI MULTIMEDIA MENUJU DKV

Perkembangan ilmu teknologi seni rupa dan desain di Indonesia sudah mulai berkembang pesat khususnya perkembangan Indutri Kreatif. Beberapa ...